Manajamen
Badan Usaha Ekonomi Koperasi
1.
Pengertian Manajemen
Manajemen dalam Bahasa Inggrisnya adalah
management yang berasal dari kata “to manage” yang mempunyai arti mengendalikan
atau mengurus. Sehingga manajemen dapat berarti bagaimana kita memimpin,
membimbing, dan mengatur semua orang menjadi karyawan (bawahan) agar usaha yang
sedang dilakukan mencapai suatu tujuan yang telah direncanakan sebelumnya.
Fungsi Manajemen
- Perencanaan (Planning)
- Pengorganisasian (Organizing)
- Pengumpulan sumber (Asembling Resources)
- Pengendalian kerja (Supervising)
- Pengawasan (Controlling)
2.
Pengertian Koerasi
Pengertian koperasi menurut
Undang-undang Nomor 25 tahun 1992 ialah bidang usaha yang beranggotakan orang
atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi
sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.
Bedasarkan batsan koperasi ini
koperasi Indonesia mengandung 5 unsur sebgai berikut.
1.
Koperasi
adalah Badan Usaha (Business Enterprise)
2.
Koperasi
adalah kumpulan orang0orag dan atau badan-badn hukum koperasi
3.
Koperasi
Indonesia adalah koperasi yang bekerja berdasarkan “prinsip-prinsip koperasi”
4.
Koperas
Indonesia adala “Gerakan Ekonomi Rakyat”
5.
Koperasi
Indonesia “Berazaskan kekluargaan”
Dengan demikian
Manajemen Koperasi dapat diartikan sebagai suatu proses untuk mencapai tujuan
melalui usaha bersama berdasarkan azas kekeluargaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar