PT
MA ,Tbk
Perseroan memiliki komitmen
tinggi dalam menjalankan seluruh aktivitas Perusahaan yang berpedoman pada
aspek ekonomi, sosial dan lingkungan yang berkelanjutan. Komitmen tersebut
diwujudkan oleh Perseroan dalam program-program Corporate Social Responsibility
(CSR) dengan menggunakan prinsip pembangunan berkelanjutan (sustainable
development) yang menempatkan aspek ekonomi, sosial dan lingkungan secara
sejajar dan saling terkait satu sama lain. Hal terpenting dan senantiasa
menjadi fokus Perseroan sejak didirikan adalah menjaga hubungan baik dengan
stakeholder. Terus berinteraksi dan tumbuh bersama para pelanggan, pemegang
saham, investor, karyawan, pemasok, pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat
(LSM), dan warga sekitar Perusahaan juga dengan alam (lingkungan).
Perusahaan sangat paham bahwa
menjaga hubungan harmonis dengan stakeholder sangat penting untung kelangsungan
hidup perusahaan untuk maju dan melangkah bersama dalam membangun kinerja yang
lebih baik lagi. Dan sebagai pedomannya, maka Perusahaan mencanangkan “Ancol
Green Company”, agar dapat memberikan semangat dan komitmen dari keberlanjutan
Perusahaan. Beberapa upaya yang dilakukan perusahaan menuju “Ancol Green
Company” yaitu menerapkan tata kelola Perusahaan yang baik (Good Corporate
Governance), implementasi ISO 14001 untuk pengelolaan limbah, implementasi
program pemberdayaan masyarakat (community development), pelaksanaan
Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) dan pengembangan Sumber Daya
Manusia (SDM) dengan internalisasi Budaya Perusahaan.
Hal tersebut diatas merupakan
wujud dari implementasi Visi dan Misi Perseroan dalam memberikan
kontribusi positif terhadap lingkungan dan masyarakat melalui
perbaikan ekonomi dan sosial serta lingkungan masyarakat di wilayah
operasi. Hubungan timbal balik yang harmonis dan saling menguntungkan
antara Perseroan dan masyarakat serta lingkungan merupakan salah satu
faktor penentu keberlanjutan (sustainability) dan terciptanya
keamanan lingkungan Perseroan.
ECONOMIC
PERFORMANCE
Keberadaan Perusahaan dapat
memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat sekitar sehingga roda bisnis
Perusahaan berjalan dengan baik dan tercapai keseimbangan hubungan yang
harmonis antara Perusahaan dan masyarakat sekitar. Dalam hal ini konsep “Tumbuh
Kembang Bersama” dikedepankan untuk mewujudkan pertumbuhan dan keberlanjutan
Perusahaan.
Pemberdayaan masyarakat sekitar
merupakan salah satu implementasi Perusahaan untuk mendorong peningkatan taraf
hidup masyarakat sekitar, selain menyerap sumber daya manusia untuk kepentingan
operasional Perusahaan.
Selain itu Perusahaan juga
melakukan upaya pengelolaan SDM melalui kebijakan strategis. Perusahaan telah
melakukan penyempurnaan organisasi dan manajemen yang berdampak positif pada
peningkatan kinerja SDM Perseroan secara keseluruhan.
SOCIAL
PERFORMANCE
Sebagai Perusahaan yang berada
ditengah-tengah lingkungan penduduk, maka Perusahaan senantiasa melakukan
upaya koordinasi dan komunikasi yang baik dengan masyarakat sekitar.
Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan program CSR, Perseroan telah menunjuk
secara formal unit kerja yang mengelola kegiatan ini. Program
CSR Perseroan terdiri atas beberapa program utama yaitu tanggung
jawab sosial terhadap Lingkungan Hidup, Karyawan, Pengembangan dan
Pembinaan Masyarakat dan Konsumen. Fokus cakupan wilayah program CSR
Perseroan terdapat di 4 (empat) Kelurahan di sekitar Perseroan
yang masuk ke dalam ring 1 (satu), yaitu Kelurahan Pademangan Barat,
Ancol, Sunter Agung, dan Pademangan Timur. Kegiatan-kegiatan sosial
kemasyarakat seperti santunan dan bantuan-bantuan operasional lainnya
diterapkan kepada masyarakat sekitar guna meningkatkan keharmonisan Perusahaan
dengan masyarakat sekitar. Selain itu Perusahaan juga berperan aktif
membantu dalam program pendidikan dengan menyelenggarakan sekolah gratis
tingkat SMP “Sekolah Rakyat Ancol” untuk masyarakat kurang beruntung diwilayah
sekitar.
ENVIRONMENTAL
PERFORMANCE
Sebagai Perusahaan yang
mencanangkan sebagai “Ancol Green Company” maka pengembangan implementasi
penyelamatan lingkungan diutamakan. Program Teens Go Green, Ancol Sayang
Lingkungan dan lain sebagainya adalah upaya Perusahaan untuk dapat memberikan
kontribusi dalam peningkatan kualitas lingkungan. Dalam implementasinya
Perusahaan membuka komunikasi dan kerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat
(LSM) yang memiliki komitmen dan kompetensi untuk membuat program-program
kerjasama seperti KEHATI, WWF Indonesia, Transformasi Indonesia dan sebagainya.
PENGELOLA KESEHATAN KESELAMATAN
KERJA
Dalam mencapai target dan
produktivitas yang optimal, Perseroan telah menciptakan lingkungan kerja
yang aman, nyaman, dan sehat. Untuk itu, Perseroan telah melakukan penerapan
Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L).
Setiap unit kerja dalam
Perseroan telah melakukan identifikasi potensi bahaya, menilai tingkat risiko,
menetapkan upaya pengendaliannya melalui program, dan melaksanakan program yang
telah disusun. Secara periodik, dilakukan evaluasi terhadap penerapan program
untuk memastikan efektivitas penurunan risiko bahaya telah sesuai dengan rencana
yang digunakan sebagai input data dalam menetapkan langkah-langkah perbaikan
selanjutnya.
Perseroan membentuk struktur
organisasi Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) dan melakukan
rapat koordinasi untuk menghimpun dan mengolah segala data dan atau
permasalahan K3L, dan memformulasikan solusi dalam rangka memberikan saran dan
pertimbangan kepada manajemen yang berkaitan dengan masalah K3L.
Program-program K3L yang telah
dilaksanakan oleh Perseroan antara lain:
1. Identifikasi potensi bahaya
K3.
2. K3L terhadap Proyek
Pembangunan dan Pemeliharaan.
3. Kesiapsiagaan Tanggap
Darurat.
4. K3 terhadap Operasonal
Wahana, dsb.
Dalam Bidang HAM
(ketenagakerjaan, kesehatan dan keselamatan kerja) Perseroan melaksanakan
Aktivitas Tanggung Jawab Sosial, yang diterapkan dengan memperhatikan aspek
sebagai berikut :
1. Kesetaraan Gender, Agama,
Ras, Suku dan Golongan sesuai dengan amanat UU No. 1 tahun 2003.
2. Aspek kesejahteraan;
Perusahaan, penerapan Sistem Pengupahan yang berkeadilan, memberikan
perlindungan kesehatan dan perawatan karyawan dan keluarganya, Memberikan
program Jamsostek, Asuransi Jiwa dan Dana Pensiun, Memberikan Bonus, insentif
dan THR
3. Aspek keselamatan kerja;
Perusahaan menjalankan K3, menjamin keselamatan dan kesehatan kerja serta
memberikan perlengkapan kerja (pakaian dan safety)
4. Aspek Pengembangan; dengan
mengadakan pelatihan yang sesuai dengan kompetensi tenaga kerja berdasarkan
Training Need Analisyst untuk mencapai Human Capital Resources Management
(HCRM).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar